Makanan Khas Wonogiri

Makanan khas Wonogiri bisa menjadi pilihan kuliner bagi Anda selama berada di Wonogiri. Baik makanan ringan maupun lauk tetap saja berbagai makanan dari Wongiri ini memiliki citarasa yang khas dan tentunya lezat. Beberapa jenis makanan khas Wonogiri yang sering kali diburu oleh para wisatawan yaitu berikut ini. Dapatkan menu makanan enak yang dapat kamu praktekkan hanya di https://makananoleholeh.com.

Emping

Emping merupakan salah satu makanan yang sejenis dengan keripik atau kerupuk. Jadi makanan ini sangat renyah dan bertekstur keras. Emping ini sendiri merupakan suatu camilan yang biasa dijadikan sebagai makanan ringan untuk menemani teh hangat. Seringkali makanan ini juga digunakan sebagai lalapan pendamping menu utama. Bahkan beberapa orang menjadikannya sebagai lauk untuk dimakan dengan menggunakan nasi dan bumbu. Emping terasa manis dan asin serta agak pahit. Umumnya berbentuk bundar dan tipis. Bahan utama dari emping adalah buah melinjo yang kemudian ditumbuk dan dihancurkan sehingga menjadi halus. Lalu melinjo yang sudah ditumbuk ini dijemur di bawah sinar matahari agar kering sebelum digoreng.

Kacang Mete

Makanan ringan Kacang Mete juga menjadi salah satu snack atau camilan khas Wonogiri. Makanan ringan yang satu ini sebenarnya memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi oleh Anda sekalian. Terlebih lagi makanan ringan ini sangat baik untuk kesehatan tulang. Salah satu manfaat dari snack ini adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya itu saja tetapi snack ini juga bisa berguna untuk mengontrol lemak dan dapat menjaga berat badan Anda.

Geti Wijen

Geti Wijen adalah makanan ringan dari Wonogiri yang memiliki tekstur agak keras dan lengket. Makanan ini memiliki citarasa yang sangat manis dan tentunya sangat cocok bagi Anda yang merupakan penggemar makanan manis. Geti sendiri sebenarnya terbuat dari buah wijen dan biasanya berbentuk kotak ataupun bulat. Geti biasanya lebih awet dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama meskipun di dalam makanan ringan ini tidak terdapat kandungan pengawet buatan. Anda bisa menjadikan makanan ini sebagai camilan di waktu santai ataupun camilan saat Anda sedang beraktivitas.

Lentho

Lentho termasuk jenis makanan khas Wonogiri kuno yang masih banyak dinikmati oleh masyarakat sampai sekarang ini. Lentho umumnya terbuat dari bahan dasar berupa kacang tholo yang dicampur dengan tepung singkong atau singkong yang telah dihaluskan. Cara pembuatan makanan ini cukup mudah. Anda hanya tinggal mencampur semua bahan menjadi satu dan kemudian adonan ini ditambahkan dengan sedikit garam dan ketumbar. Kemudian Anda bisa membentuk adonan menjadi bulat-bulat lalu menggorengnya. Makanan ini terasa sangat gurih dan lezat sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai lauk pendamping nasi.

Tempe Besengek

Besengek juga merupakan salah jenis makanan khas Wonogiri. Makanan ini terbuat dari tempe kara. Kemudian tempe kara ini diolah bersama dengan irisan cabe sehingga makanan ini terasa lebih pedas. Beberapa orang seringkali menggunakannya sebagai lauk dan memakannya dengan menggunakan nasi putih hangat. Namun ada pula ornag yang memakannya sebagai camilan saja. Tempe besengek ini biasanya disajikan dengan cara dibungkus oleh daun pohon jati. Bungkusnya yang terbuat dari daun pohon jati ini tampaknya membuatnya terasa semakin nikmat dan ingin terus memakannya.

Makanan khas Wonogiri selain sehat juga tentunya memberikan kenikmatan bagi Anda pecinta kuliner. Maka tak heran bila makanan tersebut cepat populer di berbagai daerah lainnya. Bila tak sempat berkunjung ke kota tersebut, coba saja belanja secara online. Dijamin sama lezatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *